Pages

regha argentum cintha amu selamanya ^_^

Kamis, 19 Mei 2011

tugas bu ninid ^_^


-Taman Siswa adalah nama sekolah yang didirikan oleh Ki Hadjar Dewantara pada tanggal 3 Juli tahun 1922 di Yogyakarta (Taman berarti tempat bermain atau tempat belajar, dan Siswa berarti murid).Pada waktu pertama kali didirikan, sekolah Taman Siswa ini diberi nama "National Onderwijs Institut Taman Siswa", yang merupakan realisasi gagasan beliau bersama-sama dengan teman di paguyuban Sloso Kliwon. Sekolah Taman Siswa ini sekarang berpusat di balai Ibu Pawiyatan (Majelis Luhur) di Jalan Taman Siswa, Yogyakarta, dan mempunyai 129 sekolah cabang di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Prinsip dasar dalam sekolah/pendidikan Taman Siswa yang menjadi pedoman bagi seorang guru adalah:

  • Ing ngarsa sung tulada ("(yang) di depan memberi teladan/contoh")
  • Ing madya mangun karsa ("(yang)" di tengah membangun prakarsa/semangat")
  • Tut wuri handayani ("dari belakang mendukung").

Ketiga prinsip ini digabung menjadi satu rangkaian/ungkapan utuh: Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani, yang sampai sekarang masih tetap dipakai sebagai panduan dan pedoman dalam dunia pendidikan di Indonesia.


-PNI atau Partai Nasional Indonesia adalah partai politik tertua di Indonesia. Partai ini didirikan pada 4 Juli 1927 [1] dengan nama Perserikatan Nasional Indonesia dengan ketuanya pada saat itu adalah Dr. Tjipto Mangunkusumo, Mr. Sartono, Mr Iskaq Tjokrohadisuryo dan Mr Sunaryo.[2]



tugas LKS bu ninid ^_^..

Tugas !

1).

no

Organisasi

Berdiri

Pendiri

Sifat Gerakan

Tujuannya

1.

BU (budi utomo)

20-05-1908

Dr.sutomo &

Dr.Wahidin Sudirohusodo

Terbuka

Membiayai pelajar yg tidak mampu.

2.

SI (sarekat islam)

1912

HOS. Cokroaminoto

Merakyat

~memajukan perdagangan

~memajukan kehidupan agama islam

~memajukan pengajaran serta pendidikan

3.

IP (indische partij)

25-12-1912

Douwes Dekker, Cipto Mangunkusumo

& Suwardi suryaningrat

Memerdeka-kan Indonesia.

4.

Muhammadiy-ah

18-11-1912

KH.Ahmad Dahlan

~menyebar-kan luaskan ajaran Islam yang sesuai al-qur’an & hadist.

~memajukan pendidikan berlandas-kan islam.

~pengemba-ngan pengetahuan yang di selaraskan dengan kehidupan modern.

~meningkat-kan kesejahtera-an hidup umat islam

5.

PKI

23-05-1920

Semaun

Mengkomu-niskan Indonesia & mengganti pancasila dgn ideology mereka.

6.

Taman Siswa

03-07-1922

Ki Hajar Dewantoro

~mencipta-kan suasana kehidupan rumah tangga disekolah

~melaksana-kan system pendidikan di Indonesia

~siswa yang lebih tua membimbing siswa yang lebih muda

7.

Partai Nas Indonesia

1927

Mr.Sartono

Ir.soekarno

Mr.Iskaq Cokroadisuryo

Agar Indonesia merdeka

8.

Gerakan Pemuda

07-03-1915

R.Satiman Wiryosanjoyo, Sunardi, Sutomo

~menambah pengetahuan umum

~memperku-kuh rasa persatuan dan kesatuan

~mempere-rat hubungan antara murid-murid bumi putera

9.

MIAI (majelis islam a’la Indonesia )

September 1937

KH.Ahmad Dahlan,

KH.Masyur,Wondo Amiseno,KH.Wahab Hasbullah.

~mempere-rat tali persaudara-an dan organisasi.

10

Gerk. Wanita

1912

RA.Sabarudin, RA.Sutinah Joyopianoto & RA.Rukmini

~memberi-kan bantuan, bimbingan & penerangan pd wanita pribumi dalam menuntut pelajaran & mengemuka-kan pendapat di muka umum.

2).PI ( perhimpunan Indonesia ) dianggap sebagai gerakan radikal dikarenakan kegiatan yang dilakukan oleh aktivis PI yang berada di dalam maunpun luar negri, yang salah satunya ikut dalam kongres Liaga Demokrasi Perdamaian Internasional tahun 1926 di Paris. Dalam kongres tersebut, Mohammad Hatta dengan tegas menyatakan tuntutan akan kemerdekaan Indonesia. Demikian pula pendapat-pendapat mereka banyak disampaikan ke tanah air. Aksi-aksi yang dilakukan dalam kongres tersebut menyebabkan Hatta dan kawan-kawan dituduh melakukan pemberontakan terhadap belanda. Dikarenakan juga status anggota PI yang sebagian sebagai mahasiswa membawa posisi mereka tanpa ikatan sosial politik tertentu dan tidak memiliki kepentingan untuk mempertahanlan kedudukan, sehingga mereka tidak khawatir dalam bertindak terang-terangan melawan belanda. Organisasi ini juga membuat lambang untuk Indonesia diantaranya merah putih sebagai bendera. Semenjak berakhirnya PI perasaan anti kolonialis dan imperialis di kalangan pimpinan dan anggota PI semakin menonjol, apalagi setelah ada seruan dari Presiden AS, Woodrow Wilson mengenai hak untuk menetukan nasib bangsa sendiri. Tahun 1925 PI semakin tegas memasuki kancah politik, yang juga didorong juga oleh kebangkitan nasionalisme di Asia-Afrika. Disamping itu, mengusahakan suatu pemerintahan untuk Indonesia, yang bertanggung jawab kepada rakyat Indonesia semata-mata, dan hal yang demikian itu hanya bias dicapai oleh rakyat Indonesia sendiri tanpa mengharapkan bantuan siapapun dan pada prinsipnya menghindarkan perpecahan demi tercapainya tujuan. Dengan pemikiran yang demikian tegas, wajarlah apabila PI menjadi satu ancaman terhadap kredibilitas pemerintah Belanda dalam menjalankan kolonialismenya di Indonesia.

tugas LKS bu ninid ^_^

tugas LKS sejarah

ULANGAN HARIAN 2

I

1.e 8.a 15.e

2.b 9.b

3.c 10.b

4.e 11.a

5.b 12.e

6.a 13.c

7.e 14.e

II

1. Bagian politik etis yang paling berpengaruh bagi masyarakat Indonesia adalah Edukasi.

Karena sejak tahun1900 sudah mulai berdiri sekolah-sekolah untuk “kaum piyayi” maupun “rakyat biasa” yang hampir merata. Karena politik etis ( edukasi )banyak orang-orang pribumi dikirim ke belanda untuk belajar. Dan dari Edukasi pula banyak kaum intelektual yang bermunculan.

2. Faktor-faktor yang mendorong pergerakan nasional Indonesia

Faktor Internal :

-penderitaan rakyat akibat imperialisme dan kolonialisme.

-kenangan kejayaan masa lalu

Faktor Eksternal :

-Kemenangan jepang atas Rusia

-Masuknya paham baru

-Pengaruh ucapan Wodroow Wilson yang mengatakan bahwa setiap bangsa berhak menentukan nasib sendiri.

3. Upaya yang di lakukan SI untuk membersihkan organisasi dari pengaruh PKI adalah SI mengadakan Kongres Luar Biasa Central Sarekat Islam. Kongres tersebut membicarakan masalah disiplin partai yang melarang penggandaan rangkap
anggota sebagai anggota partai. Melalui aturan partai tersebut, akhirnya golongankomunis dikeluarkan dari SI. yang berpaham.

4. CSI adalah suatu lembaga yang bertujuan membantu Sarekat Islam daerah ke arah kemajuan, dan mengatur kerja sama antar-Sarekat Islam daerah.
Di satu sisi Sarekat Islam tumbuh menjadi organisasi yang terbuka untuk
umum, tetapi di sisi lain keterbukaan tersebut menyebabkan kelemahan tersendiri bagi kekuatan Sarekat Islam.

5. Terjadinya perpecahan dalam tubuh PKI karena PNI dianggap revolusioner dan di tuduh akan mengadakan pemberontakan, maka para pemimpin ditangkap dan organisasi PNI dibubarkan.

tugas LKS bu ninid ^_^

( LKS hal 36) Kegiatan Siswa 3.2

Jelaskan peran-peran tokoh berikut ini !

NO

NAMA TOKOH

PERAN

1.

Van de Venter

2.

H.Saman Hudi

Sebagai pendiri Serekat Dagang Islam

3.

Douwes Dekker

Sebagai salah satu pendiri Indische Partij

4.

M. Tambrani

Sebagai ketua dari kongres pemuda I

5.

Snevliet

Sebagai pendiri Pergerakan Buruh Indonesia

6.

Sugondo Joyopuspito

Sebagai pemipin Kongres Pemuda II

7.

H.O.S Cokroaminoto

Sebagai pendiri serikat Islam

8.

Ki Hajar Dewantoro

Sebagai pendiri dari Taman Siswa

9.

Ahmad Dahlan

Sebagai pendiri dari Muhammadiyah

10.

Moh. Husni Tamrin

Sebagai pendiri Gerakan Nasional dalam Parlemen

(LKS hal 37) Uji Kompetensi 3.2

І.

1.e 2.e 3.c 4.a 5.c

6.b 7.b 8.d 9.a 10.d

П.

1. PeranPolitik Etis yaitu menumbuhkan golongan cendekiawan dan menjadi pelopor pergerakan nasional .

2. Terjadinya perpecahan dalam Sarekat Islam dikarenakan Sarekat Islam kemudian disusupi paham komunis sehingga Sarekat Islam pecah menjadi dua.

3.GAPI dibentuk karena adanya perasaan kecewa tokoh-tokoh pergerakan Nasional karena petisi sutarjo yang berisi tuntutan pemberian status dominion bagi Indonesia ditolak oleh Belanda tanpa didebatkan dalam parlemen.

4. Indische Partij dianggap sebagai organisasi terlarang karena tujuannya dianggap sebagai ancaman bagi belanda yaitu Indonesia merdeka yang di sebarluaskan melalui surat kabar De Express.

5. tujuan Muhammadiyah antara lain :

-menyebarluaskan agama Islam yang sesuai al-qur’an dan hadist.

-memajukan pendidikan berlandaskan Islam.

-pengembangan pengetahuan yang diselaraskan dengan kehidupan modern.

-meningkatkan kesejahteraan hidup umat Islam.

tugas LKS bu ninid ^_^

(LKS hal 29) Kegiatan Siswa 3.1

Jelaskan istilah-istilah berikut !

no

NAMA

PENJELASAN

1.

Nasionalisme

Paham yang menempatkan kesetiaan tertinggi individu diserahkan kepada negara dan bangsa.

2.

Leberialisme

Paham yang menghendaki kebebasan individu dalam bidang ekonom, budaya, agama, social, politik & IPTEK.

3.

Hakko ichiu

Ajaran yang mengajarkan agar dunia dibentuk menjadi keluarga besar dipimpin bangsa Jepang

4.

Swadesi

Gerakan yang mengutamakan pemakaian barang produk rakyat India sendiri & tidak memakai produk Inggris.

5.

Restorasi Meiji

Usaha untuk memperbaiki Jepang dengan meniru gaya Barat.

6.

Hak ekstrateritorial

Hak utuk memberlakukan hokum dr suatu Negara di Negara lain.

7.

Kaum Spoy

Tentara Inggris yang berasal dari India.

(LKS hal 30 ) Uji Kopetensi 3.1

І.

1.a 2.c 3.b 4.c 5.d

6.b 7.b 8.a 9. d 10.c

П.

1.faktor eksternal yang mendorong lahirnya nasionalisme di ASIA & AFRIKA adalah :

-kemerdekaan jepang atas rusia tahun 1904-1905

-masuknya paham baru seperti Liberalisme, Nasionalisme dan Demokrasi

-pengaruh ucapan Wodrow Wilson yg mengatakan bahwa setiap bangsa berhak menentukan nasib sendiri.

2.paham liberalisme yaitu paham yang menghendaki kebebasan individu dalam bidang ekonomi,agama, budaya, social dan pengembangan iptek. Hal ini muncul akibat kekuasaan raja yang absolute.

3. menurut Adam Smith Liberalisme adalah pemerintah seharusnya tidak ikut campur dalam dunia usaha karena justru akan menghambat gairah usaha dari individu.

4. faktor-faktor pendorong lahirnya Nasionalisme di India :

–penderitaan rakyat akibat imperealisme inggris muncul kaum intelektual

-pertentangan kebudayaan antara india daninggris

-diskriminasi dalam pemerintah

-pengaruh kemenangan jepang atas rusia.

5. pembaharuan Mustafa Kemal antara lain :

-pembentukan UUD sesuai konstitusi barat

-sekulerisasi

-Huruf arab dig anti huruf latin

-etatisme yaitu politik perekonomian diatur Negara